Trenggiling Malaya, Hewan Unik Pemakan Semut

Scientific classification

Kingdom:

Animalia

Phylum:

Chordata

Class:

Mammalia

Order:

Pholidota

Family:

Manidae

Genus:

Manis

Species:

M. javanica

Binomial name

Manis javanica
Desmarest, 1822

Trenggiling Jawa (Manis javanica syn. Paramanis javanica) adalah wakil dari ordo Pholidota yang masih ditemukan di Asia Tenggara. Hewan ini memakan serangga dan terutama semut dan rayap. Trenggiling hidup di hutan hujan tropis dataran rendah, hutan terbuka, savana, semak-semak, dan kadang-kadang di daerah pertanian.

Bentuk tubuhnya memanjang, dengan lidah yang dapat dijulurkan hingga sepertiga panjang tubuhnya untuk mencari semut di sarangnya. Rambutnya termodifikasi menjadi semacam sisik besar yang tersusun membentuk perisai berlapis sebagai alat perlindungan diri. Jika diganggu, trenggiling akan menggulungkan badannya seperti bola. Ia dapat pula mengebatkan ekornya, sehingga “sisik”nya dapat melukai kulit pengganggunya. Mempunyai cakar panjang di kaki depan. Ukuran badan lebih besar sedikit dari kucing. Aktif pada malam hari.

Trenggiling terancam keberadaannya akibat habitatnya terganggu serta menjadi obyek perdagangan hewan liar.


About these ads

5 Tanggapan

  1. halooo slam kenal tukeran link yukkk

  2. Tanks buat tilisan2nya yg sangat unik dan membatu banyak bagi orang yang memerlukan data mengenai fauna langka. Lestarikan semua hewan bahkan tumbuhan serta alam. Jangan sampai besok anak dan cucu kita hanya dapat melihat alam di buku ato digambar2 saja

  3. yg komen/ nanggepi ini maho’ … wkwkwk …
    just kidding agan-agan …

  4. Kehebatan binatang ini, jika disimpan di dalam karung bisa hilang…pernah sekali kakak saya membeli dari pedagang dijalanan….dan dibawa pulang kerumah menunggu kesempatan untuk pergi ke hutang untuk dilepas.Tau-taunya , dia menggendong anaknya dipunggung dan bersama anaknya sudah berkelana sampai keujung komplek dan menjadi tontonan se komplek. Untung saja yang nonton anak-anak dan gak punya niat jahat untuk diambil dan dijual lagi. Akhirnya selang berapa hari sukses juga dilepas ke hutan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: